Langsung ke konten utama

Smartphone Gaming Futuristik Rasa Console! - REVIEW : ASUS ROG PHONE II

Apa yang pertama kali kamu pikirkan saat mendengar kata ROG? Brand dari ASUS yang khusus mengeluarkan produk gaming? Kalau iya, jawabanmu sangatlah benar. 

Seperti yang kita tahu ROG atau Republic of Gamers, kini sudah menguasai pasar - pasar gaming terutama pc dan juga laptop gaming. Selain produk pc dan laptop gaming, ASUS ROG juga memperluas pasarnya sampai ke smartphone dengan label gaming terhitung sejak peluncuran perdana ROG Phone pertama pada tahun 2018. 

Label gaming yang disematkan ASUS kepada ROG Phone terutama yang terbaru yaitu ROG Phone II bukan hanya embel - embel belaka. Kata gaming yang diberikan memang sangat menggambarkan dari segi desain, peforma, dan juga fungsi - fungsi aksesoris pendukung smartphone ini. Hal - hal yang baru saja kita sebutkan di atas merupakan bocoran - bocoran yang selanjutnya akan kita bahas dan review satu - persatu. 

Desain

Pertama, kita mulai pembahasan tentang desain dari smartphone ini. Pasti beberapa dari kalian yang waktu pertama kali melihat smartphone ini pandangannya langsung tertuju kepada lampu kelap - kelip dibelakang bodynya, lebih tepatnya di logo ROG-nya. Lampu kelap - kelip ini dikalangan gamers lebih dikenal dengan nama RGB. Kesan pertama yang tidak diberikan oleh handphone - handphone lainnya dan memperkuat label gamingnya. Selain RGB, desain smartphone ini sangat futuristik dan berbeda dengan smartphone pada umumnya. Hal yang berbeda seperti ini membuat ROG Phone II sangat mencolok dan menarik perhatian terutama untuk penggunanya.



Selain estetika, desain dari ROG Phone II juga dirancangan khusus untuk bermain game dengan optimalisasi landscape. Mulai dari desain port pengisian daya, ROG Phone II dibekali dua port type - C yang salah satunya memiliki fitur yang sangat spesial yaitu Side - Mounted Port yang memberikan ruang khusus untuk penggunanya yang sedang bermain game bersamaan dengan pengisian daya tanpa harus terganggu oleh tangan, karena port type - C nya berada disamping body handphone ini. Selain berguna untuk pengisian daya, Side - Mounted Port ini juga berguna untuk pemasangan cooler eksternal yang didapatkan langsung dari pembelian handphone ini. Cooler ini akan kita bahas nanti dibagian aksesoris dari handphone ini. Tak luput pula, ROG Phone II juga masih memiliki dan mempertahankan port audio jack yang dimana saat ini sudah banyak smartphone yang menghilangkan port tersebut.

Side - Mounted Port


Peforma

Kedua, dari segi performanya. ROG Phone II yang merupakan smartphone gaming sudah pasti hadir dengan SoC (System on Chip) terbaru dari Qualcomm Snapdragon 855+. Berbeda dengan saudaranya yaitu Snapdragon 855, Snapdragon 855+ memiliki CPU dengan GPU yang lebih cepat dengan kecepatan CPU sampai 2,96 GHz dan GPU sampai 675 GHz.  Maka dari itu handphone ini mampu menjalankan seluruh game android dengan grafis maksimal dan juga detail.

Selain peformanya untuk gaming, smartphone ini juga dapat melakukan kegiatan multitasking dengan  amat lancar kerena telah didukung dengan 8 GB RAM DDR4X. ASUS ROG Phone II juga hadir dengan varian spesifikasi yang lebih garang lagi dengan menggunakan memori RAM sebesar 12 GB. Ya kamu ngga salah denger kok, handphone ini benar - benar menggunakan RAM 12 GB yang tak akan terbayangkan betapa kuatnya performa dari smartphone ini. 

Selain RAM yang memiliki ukuran jumbo, penyimpanan internal smartphone ini pun tak kalah jumbonya yaitu berkapasitas sebesar 512 GB UFS 3.0 yang siap menampung berbagai macam game tanpa harus khawatir kekurangan penyimpanan. Pasti semakin kesini beberapa dari kalian sudah semakin penasaran lagi, kira kira test antutu-nya dan juga benchmark-nya dapat score berapa sih? Untuk Antutu ROG Phone II mendapatkan score 480.698 hampir menyentuh angka setengah juta. Kemudian hasil benchmarknya terutama framerate yang didapatkan saat pengujian sling shot, handphone ini mendapatkan frame rate tertinggi sebanyak 57 fps dengan score grafik 7.839. Berikut detailnya.


Antutu Detail
Sling Shot Detail

Performa yang stabil dari ROG Phone II juga tak lepas dari peran penting 3D Vapor Chamber yang terhubung langsung dengan heatsink di smartphone ini. Sehingga udara panas yang dihasilkan segera dilepas menuju fentilasi yang sudah tersedia di body belakang smartphone ini. Hal inilah yang menyebabkan suhu ROG Phone II tetap stabil dan terus mempertahankan peformanya.

Sampai sini kita tahu bahwa ROG Phone II merupakan smartphone yang tangguh. Namun, apakah spek di atas itu akan bekerja dengan baik dan fungsinya dapat didukung dengan sempurna oleh komponen - komponen lainnya dari smartphone gaming satu ini? Jangan khawatir, ASUS tidak  pernah bermain - main dengan seluruh produknya terutama ROG yang memiliki label gaming, karena spek garang di atas juga pasti didukung oleh layar, baterai, dan fitur - fitur lainnya yang bakal layak banget kalau handphone ini disebut sebagai "Smartphone Gaming for The Real Gamer".

Layar

Poin pendukung pertama adalah layar. ROG Phone II merupakan satu - satunya smartphone yang dibekali layar Amoled beresolusi 1080 pixel yang memiliki refresh rate sebesar 120Hz dengan respon time sebesar 1 ms. Refresh rate yang besarnya dua kali lipat dari smartphone pada umumnya ini membuat tampilan layar smartphone gaming ini menjadi super smooth terutama saat bermain game. Pengguna ROG Phone II juga sangat dimanjakan dengan warna yang ditampilkan dari layar amoled karena warna yang dihasilkan memang sangat akurat karena didukung teknologi 10-Bit HDR. Hal inilah yang membuat penggunanya betah untuk berlama - lama menatap layar dari ROG Phone II.

Baterai

Poin pendukung kedua adalah di sektor baterai. ROG Phone II dibekali oleh baterai yang besarnya ngga nanggung - nanggung. Mau tau berapa? 6.000 mAh yang didukung dengan HyperCharge sampai 30 Watt. Bayangkan betapa awetnya smartphone ini untuk digunakan bermain game seharian penuh ditambah lagi sistem pengecasannya yang super duper ngebut. Mungkin beberapa dari kalian masih bertanya - tanya. Apa iya sih baterainya bisa bertahan seharian? Menurut hasil pengujian baterai, ROG Phone II mendapatkan battery life selama 21 jam 2 menit. Untuk detailnya sebagai berikut.

Battery Life Detail

Kamera

Poin ketiga adalah kamera. ROG Phone II dibekali 2 kamera belakang yang mempuni. Meskipun ROG Phone II adalah smartphone gaming, modul dan speksifikasi kamera utamanya sama dengan kamera yang ditanamkan di ASUS Zenfone 6 yang merupakan flagship dari ASUS yaitu Sony IMX 586 beresolusi 48 megapixels. Kemudian, kamera keduanya adalah kamera wide angle dengan resolusi 13 megapixels. Untuk perekaman video, ROG Phone II dapat merekam dengan kualitas 4K 60 fps di kamera utamannya.  Lanjut ke kamera depan, kamera depan ROG Phone II memiliki resolusi 24 megapixels dengan led flash. Posisi kamera depan dari ROG Phone II ini juga telah diatur sedemikan rupa untuk kebutuhan live streaming saat bermain game sehingga tidak perlu repot - repot menggunakan kamera eksternal.

48 MP + 13MP

Speaker dan Konektivitas WiFi

Poin selanjutnya adalah speaker dan juga konektivitas Wi-Fi. Speaker dari ROG Phone II sudah pasti stereo dengan Dual Front Facing Speaker yang mendukung teknologi Dual NXP, APT-X, Hi-Res Audio hingga Outdoor Mode. Dengan begitu penggunanya dapat bermain game dengan nyaman karena suara yang dihasilkan jernih.

Beralih ke konektivitas Wi-Fi, pernah ngga sih kamu pas lagi asik - asiknya main game terus tiba -tiba jaringannya lag parah padahal sudah pakai Wi-Fi? Tenang jangan khawatir,  ROG Phone II dibekali 4 antena WiFI yang diposisikan secara khusus agar tak tertutup tangan saat bermain game. Dijamin jaringan aman dan lancar!

GameGenie dan Air Trigger II

Setelah tadi kita membahas hardwarenya, waktunya sekarang kita membahas saudaranya yang tak kalah gamingnya yaitu software. Sebuah smartphone gaming khususnya ROG Phone II sudah selayaknya memiliki software pendukung gaming seperti GameGenie. GemeGenie merupakan fitur gaming eksklusif yang diberikan ASUS. Disini pengguna dapat melihat informasi detail dari perangkat seperti peforma, melakukan perekaman dan livestreaming, serta pengaturan fitur - fitur gaming lainnya seperti Air Trigger II. Air Triger II ini merupakan fitur tambahan layaknya tombol R1 dan R2 di console yang amat berguna saat bermain game terutama game bergenre FPS. Selain Air Trigger II, ada pula fitur Armoury Crate yang memberikan keleluasaan penggunanya untuk mengkostumisasi performa gaming dari smartphone ini diberbagai macam game.

Aksesoris Premium Tambahan

Jadi bagaimana menurut kalian apakah fitur - fitur diatas menggambarkan kalau handphone ini adalah Smartphone Gaming for The Real Gamer? Pastinya iya dong. Nah buat kamu yang mau handphone ini lebih gaming lagi. Disini ada berbagai aksesoris yang akan kita bahas dan pastinya recommended banget.

1. AeroActive Cooler

Pertama, ada AeroActive Cooler. Aksesoris ini merupakan fan eksternal yang didapatkan langsung dari box pembelian. Fan ini  dipasang di Side - Mounted Port yang tersedia di ASUS ROG. Nah yang jadi pertanyaan, ketutup dong RGB nya? Terus kalau mau charger smartphonenya pas lagi dimainin ngga bisa dong, kan portnya ketutup? Santai, tidak usah cemas. RGB nya masih tetap ada kok karena AeroActive Coller ini juga memiliki RGB bawaan untuk menggatikan RGB yang berada dibelakang body ROG Phone II ini. Begitu pula dengan port Type - C yang terpakai untuk pemasangan cooler eksternal ini juga digantikan dengan Type -C port plus audio jack port yang sudah tersedia di cooler ini.

Tampak Belakang
Tampak Depan

2. TwinView Doc II

Aksesoris premiun kedua adalah TwinView Doc II. Aksesoris ini memberikan tampilan layar ganda, beberapa game yang sudah support dengan aksesoris ini akan memberikan user interface khusus yang tak tersedia di smartphone - smartphone lainnya. Selain tampilan dua layar, TwinView Doc II juga dapat menjadi powerbank tambahan yang berkapasitas 5000 mAh yang bisa bikin kamu puas main game seharian. Bagaimana tidak, 6000 mAh ditambah 5000 mAh gila cuy awetnya!

TwinView Doc II
Begini penampilannya kalau ditutup.


3. Kunai Gamepad

Aksesoris ketiga yaitu Kunai Gamepad. Seperti namanya gamepad ini memberikan analog dan tombol - tombol fisik yang memiliki feel yang sama dengan console - console game. Dengan kunai gamepad ini kamu bisa memainkan berbagai jenis genre game dengan kontrol fisik penuh.

Kunai Gamepad



4. Desktop Docking

Aksesosoris terakhir dan yang paling canggih saat ini yaitu Desktop Docking. Saat ROG Phone II dipasang di dock ini tampilannya akan berubah ke dalam monitor dan langsung dapat dikendalikan melalui keyboard dan juga mouse. Saat bermain game, lagi - lagi aksesoris ini memberikan feel yang sama saat bermain game di PC. Port yang tersedia di dock ini juga lengkap layaknya PC, dibagian belakang ada 2 buah port audio jack, 1 buah port HDMI, 1 buah display port, 1 buah LAN port, dan 4 buat port USB 3.1.

Desktop Docking


Harga dan Paket Pembelian

Sampailah kita dibagian yang mungkin ditunggu - tunggu yaitu harga dari smartphone ini. ROG Phone hadir dengan dua pilihan varian, varian pertama yaitu 8/128 dibandrol dengan harga Rp.8.499.000. Dan untuk varian kedua 12/512 ROG Phone II dibandrol dengan harga Rp.12.499.000. Sedangkan di dalam paket pembelian terdapat masing - masing satu unit smartphone ROG Phone II, satu unit hardcase, satu unit kepala charger, satu unit kabel data type - C, dan 1 unit AeroActive Cooler.

Isi Paket Pembelian

Begitulah review lengkap dari ASUS ROG Phone II semoga kalian menyukai pembahasan ini. Dan kesimpulannya ROG Phone II bukan hanya sekedar smartphone yang memiliki speksifikasi tinggi berembel - embel gaming. Kata gaming yang diberikan merupakan gaming dalam arti sesungguhnya. Fitur - fitur dan juga aksesoris yang diberikan telah menghidupkan ASUS ROG Phone II ini sebagai Smartphone Gaming buat The Real Gamers. 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Impian dan Rencana

Hey semuanya selamat pagi, siang, sore, ataupun malam tergantung kamu yang sedang baca blog ini. Jadi beberapa hari yang lalu suatu pertanyaan terlintas dan terbesit di pikiran ku, tentang tujuan dan masa depan dari blog ini. Mau di apa kan blog ini? Dari yang awalnya blog ini hanya dibuat untuk tugas sekolah, mulai sekarang aku tekatkan untuk membuat blog ini menjadi lebih hidup dengan menjadikan blog ini sebagai sarana untuk bercerita kepada kalian tentang sesuatu yang tak dapat aku ceritakan di dunia nyata, barangkali aku juga dapat bertukar cerita dan pikiran kepada kalian. Selain itu, blog ini ku lanjutkan untuk mengisi waktu luangku yang biasanya hanya di gunakan untuk hal - hal yang kurang faedah dan tidak produktif. Ya, aku harap impian ku dan rencana ku untuk blog ini akan terus berjalan sebagai mestinya. Berbicara tentang rencana dan juga impian. Pernahkah kamu gagal saat ingin menggapai impianmu? Jika pernah, kamu tidak sendiri. Aku pun pernah merasakan hal yang sama da

Kuat, Kompak, dan Berani

Hey semua selamat pagi, siang, sore, ataupun malam tergantung kamu yang sedang baca blog ini. Jadi beberapa hari yang lalu, banyak sekali kejadian atau pengalaman baru yang aku alami. Seperti biasa juga tugas dari blog ini adalah membagikan cerita - cerita baru dan unik itu ke kalian. Oleh karena itu, langsung saja kita mulai ceritanya. Pagi itu tanggal 16 Oktober 2019.  Suatu acara besar yang diadakan sekolah dimulai. Suatu acara ataupun kegiatan yang memiliki tujuan untuk melatih kepemimpinan seorang siswa. Tidak lain dan tidak bukan LDK namanya atau Latihan Dasar Kepemimpinan. Hal yang tidak asing dan baru lagi bagiku namun didalamnya banyak menyimpan hal - hal baru yang sebelumnya tak pernah aku dapatkan. Lanjut lagi keceritanya, pagi itu aku dan teman - teman dikumpulkan di lapangan sekolah untuk diberikan arahan apa saja peraturan dan apa saja kegiatan yang akan dilakukan nantinya di sana. Hal baru pertama yang aku alami yaitu, biasanya siswa yang mengikuti LDK adalah siswa

R.A Kartini

Hai selamat datang di blog ini, pada kesempatan kali ini aku akan mengangangkat topik pahlawan kemerdekaan Indonesia yaitu R.A Kartini. Disini aku akan menceritakan biografi singkat, perjuangan, serta fakta-fakta yang mungkin belum banyak orang-orang tahu. Raden Ajeng Kartini BIOGRAFI & PERJUANGAN R.A Kartini lahir pada 21 April 1879 di Jepara. Beliau merupakan keturunan bangsawan karena lahir dari seorang Ibu bernama M.A. Ngasirah dan seorang Ayah yang berprofesi sebagai Bupati Jepara bernama Raden Mas Sosroningrat. R.A Kartini dikenal sebagai anak yang cerdas. M.A. Ngasirah (Ibu),  Raden Mas Sosroningrat (Ayah) Pada masa itu pendidikan adalah hal yang susah terutama bagi perempuan karena kabanyakan laki-laki dan orang-orang dari kalangan tertentu saja yang dapat bersekolah. Beliau termasuk orang yang sangat beruntung karena dapat menjajal pendidikan di Europes Lagere School atau ELS. Sekolah bergensi yang hanya dapat dienyam bagi anak-anak keturunan Eropa, timur asing, dan pr